Mengapa Gula menjadi Makanan Jahat Bagi Tubuh Kita ?

0
63
bahaya gula bagi kesehatan
bahaya gula bagi kesehatan

Seberapa banyak orang yang menyukai makanan dan minuman manis ? mungkin kamu termasuk didalamnya. Tapi ada sebagian dari kita malah menghindari mengkonsumsi gula berlebihan. 

Mengapa ?

Gula memang memiliki rasa manis dan pelengkap untuk membuat berbagai macam makanan dan juga minuman. Tapi gula nyatanya merupakan makanan yang berbahaya dan juga bisa menimbulkan berbagai macam masalah bagi kesehatan kita. Gula pada dasarnya tidak memiliki kandungan seperti protein, lemak sehat, vitamin, mineral atau enzim. Gula hanya memberikan rasa manis pada lidah.

Banyak juga yang menganggap gula merupakan racun pada tubuh kita. Ini menjadi hal yang dimaklumi karena gula bisa menyebabkan berbagai macam masalah pada kesehatan di tubuh kita terutama masalah kesehatan jangka panjang.

Selain itu gula juga merupakan salah satu penyebab berat badan seseorang bertambah. 

Kenapa ?

Ini karena gula hanya memberikan rasa kenyang sesaat. Misalnya ketika kamu memakan kue yang memiliki rasa manis, maka kamu akan cepat merasa kenyang. Tapi setelah itu rasa laparmu pasti bakal balik lagi. Penyebab terjadinya hal tersebut karena gula bisa mengganggu hormon leptin. Hormon ini bertanggung jawab untuk mengatur rasa lapar pada tubuh kita. Leptin bisa menghambat nafsu makan kita dan juga bisa menurunkan berat badan. Tapi ketika kamu mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki gula di dalamnya itu bisa menyebabkan resistensi leptin yang menyebabkan nafsu makan kamu bisa meningkat dan menyebabkan makan berlebihan.

Jika berat badanmu naik akibat gula, bisa jadi kesehatanmu juga akan terancam. 

Loh kok bisa ?

Jika berat badanmu bertambah karena gula, lambat laun akan menimbulkan berbagai macam penyakit seperti jantung, diabetes, kanker dan juga bisa menyebabkan alzheimer.

Diabetes dan jantung merupakan penyakit yang saling berkaitan erat. Diabetes bisa saja mengundang penyakit lain seperti jantung. Ini karena seseorang yang terkena diabetes kadar gula darahnya memiliki peningkatan di dalam darah. Jika terjadi secara terus – menerus dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti jantung, dan juga stroke.

Selain menimbulkan berbagai macam penyakit seperti yang sudah disebutkan diatas. Gula juga bisa menyebabkan wajahmu terasa lebih cepat tua juga loh atau penuaan dini.

Jadi kamu masih mau mengkonsumsi gula secara berlebihan ?
Yuk, agar kita sama – sama mengubah kebiasaan mengkonsumsi gula berlebihan. Pakailah gula secukupnya agar kesehatan tetap terjaga.

Referensi
https://www.thecandidly.com/2019/let-us-be-very-clear-sugar-is-poison
https://www.merdeka.com/sehat/hati-hati-gula-benar-benar-jadi-makanan-jahat-bagi-tubuh.html

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here