Ini Dampak Buruk Overthinking bagi Kesehatan

0
61
Ini akibat buruk overthinking bagi kesehatan
Ini akibat buruk overthinking bagi kesehatan

Berpikir sebelum bertindak merupakan hal yang wajar. Banyak dari kita tentu akan melakukannya. Tapi pernah ga kamu berpikir secara berlebihan hanya untuk memikirkan satu hal dan menyebabkan waktumu banyak terbuang ? Jika kamu pernah melakukan hal tersebut, kemungkinan besar kamu overthinking. 

Overthinking merupakan istilah yang sering digunakan untuk orang yang memikirkan sesuatu terlalu berlebihan. Mereka bisa saja mengorbankan waktunya secara terus menerus hanya karena suatu hal walaupun itu hal yang sepele. Overthinking bisa saja terjadi karena masalah sepele, masalah besar maupun trauma di masa lalu.

Jika kamu sering melakukan overthinking secara terus menerus, kamu bisa loh memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa dampak buruk overthinking bagi kesehatan :

1. Kesehatan mental akan terganggu

Overthinking yang dilakukan secara terus menerus bisa membuat mental akan terganggu. Jika sudah parah overthinking bisa membuat si penderita mengalami stres hingga depresi. 

2. Nafsu makan terganggu

Overthinking juga bisa membuat nafsu makan kamu terganggu loh. Dampak ini biasanya berbeda setiap orang karena perbedaan kebiasaan pola hidup. Sebagian orang bisa memiliki nafsu makan yang berlebihan ataupun sebaliknya ketika mengalami overthinking. Jika penderita mengalami nafsu makan yang berkurang juga tidak baik untuk kesehatan, karena membuat tubuh mudah terserang penyakit.

3. Sulit tidur

Dampak yang buruk lainnya adalah sulit tidur bagi penderita yang mengalami overthinking. Ini bisa terjadi karena otak dipaksa untuk berpikir secara terus menerus dan membuat mata akan sulit terpejam. Sulit tidur bisa berakibat buruk bagi kesehatan karena daya tahan tubuh tidak bekerja secara optimal. Ini bisa membuat tubuhmu mudah terserang penyakit.

4. Gangguan pencernaan

Tingginya hormon stres ketika mengalami overthinking ternyata bisa mempengaruhi sistem pencernaan. Jika penderita mengalami stres berkelanjutan, resiko terjadinya berbagai macam penyakit lain akan semakin besar seperti radang usus, sindrom iritasi pada usus, sekresi lambung dan juga perubahan motilitas gastrointestinal.
Selain itu, ketika penderita mengalami stres, pelindung yang ada pada usus akan melemah. Kondisi ini bisa menyebabkan bakteri mudah memasuki usus.

5. Gangguan Jantung

Ketika seseorang mengalami overthinking, hormon adrenalin akan meningkat sehingga mengalami peningkatan detak jantung dan juga pernapasan. Gangguan jantung juga beresiko terjadi jika penderita overthinking memiliki kebiasaan merokok, makan berlebihan dan juga sering mengkonsumsi alkohol.

6. Melemahkan Daya tahan tubuh (Imunitas)

Ketika seseorang mengalami stres akibat overthinking, daya tahan tubuh mengalami penurunan. Hal ini bisa saja mengundang berbagai macam penyakit menyerang tubuh penderita.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
The Health Site. Diakses pada 2020. 6 health problems caused by overthinking.
https://www.sehatq.com/artikel/ini-yang-terjadi-jika-anda-sering-overthinking-terhadap-sesuatu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here