5 Tips mudik sehat dan selamat saat mudik
5 Tips mudik sehat dan selamat saat mudik

Insan Medika – Mudik atau pulang kampung adalah tradisi setiap tahun saat menjelang lebaran oleh sebagian besar orang yang bekerja di kota. Tujuan bertemu dengan orang tua dan sanak keluarga setelah sekian lama tidak bertemu adalah hal yang istimewa.

Banyak cara dan jalan menuju roma begitu sebuah pepatah mengatakan. Hal yang sama juga terjadi ketika ingin mudik ke kampung halaman, ada yang menggunakan kendaraan umum, bareng dengan teman se daerah hingga menggunakan kendaraan pribadi.

Bagi Anda yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya simak 5 tips mudik sehat dan selamat berikut ini:

Persiapan Fisik

Berbeda dengan mudik menggunakan kendaraan umum, mudik menggunakan kendaraan pribadi membutuhkan stamina dan fisik yang sehat.

Sebaiknya Anda melakukan pemanasan beberapa hari sebelum hari H. Hal ini dilakukan untuk membiaskan tubuh melakukan aktifitas yang panjang dan melelahkan.

Seperti orang akan naik gunung, pasti akan melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan joging, naik turun tangga dan olahraga fisik lainnya. Begitu pula dengan Anda yang akan melakukan perjalanan ratusan kilo meter, harus pemanasan terlebih dahulu ya.

Persiapan Kendaraan

Tubuh sudah siap diajak berkendara ratusan kilometer, begitu pula dengan kendaraan Anda yang harus siap diandalkan menaklukkan perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Jangan sampai karena tidak mengecek atau service kendaraan berhenti di tengah perjalanan. Pastikan bawa ke bengkel untuk memastikan kendaraan Anda siap digeber hingga sampai ke kampung halaman ya.

Jika ban sudah tipis, sebaiknya diganti dengan yang baru. Ingat rintangan di jalan siapa yang tahu?

Persiapan Keuangan

Fisik sudah siap, kendaraan dalam keadaan prima dan pastikan uang cukup untuk digunakan selama dalam perjalanan. Tidak perlu terlalu banyak, yang penting cukup.

Oleh sebab itu membuat rencana anggaran belanja selama di perjalanan mudik itu sangat penting. Anggarkan juga untuk biaya tak terduga untuk mengantisipasi hal yang muncul di luar rencana.

Selain membawa uang tunai, bawa juga kartu ATM untuk melakukan tarik tunai jika kekurangan uang dalam perjalanan.

Persiapan Obat dan Perbekalan

Fisik siap, kendaraan prima, keuangan oke. Selanjutnya persiapkan juga obat pribadi untuk mengantisipasi penyakit kambuh. Jika Anda mempunyai keluhan dan diharuskan mengkonsumsi obat, pastikan membawanya dalam perjalanan.

Saat Anda mengkonsumsi obat, jangan pernah mengemudikan kendaraan. Anda bisa istirahat di rest area terlebih dahulu atau mintalah orang lain untuk mengemudikan kendaraan.

Selain obat, jangan lupa untuk membawa perbekalan berupa air minum (sebaiknya air putih) untuk menjaga dehidrasi selama perjalanan. Selama berkendara, pastikan Anda membawa air putih.

Makanan berat dan ringan juga penting untuk dikonsumsi saat istirahat. Di jalan yang panjang belum tentu perut Anda siap untuk menahan hingga ketemu rumah makan di depan sana.

Strategi Dalam Perjalanan

Hal yang sangat penting namun sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Strategi di sini bisa dimulai dengan menentukan rute perjalanan, spot-spot pemberhentian, hingga lama waktu mengemudi.

Jangan menganggap semua hal tersebut tidak penting, ingat ini mudik lebaran yang tentu di jalan banyak kendaraan. Macet sudah tentu akan dihadapi.

Menentukan rute perjalanan dan tempat peristirahatan sebelum berangkat adalah hal yang bijak namun yang paling penting adalah “Alon-alon asal kelakon” begitu lah pepatah orang Jawa.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here