HomeMakananViral! Cemilan Buah Kering Apakah Punya Gizi Sama dengan...

Viral! Cemilan Buah Kering Apakah Punya Gizi Sama dengan Buah Segar?

Buah-buahan adalah sumber nutrisi penting yang memberikan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang diperlukan oleh tubuh. Namun, bagaimana jika buah yang dikonsumsi adalah jenis buah kering? Apakah memiliki nilai gizi yang sama dengan buah segar? Simak informasi selengkapnya mengenai buah kering pada ulasan berikut ini.

Proses pengeringan buah

Proses pengeringan buah adalah metode yang digunakan untuk menghilangkan sebagian besar air dari buah, sehingga memperpanjang umur simpan dan menjadikannya lebih praktis untuk penyimpanan dan konsumsi. Proses ini biasanya dilakukan setelah buah dipetik untuk mencegah nutrisi hilang.

Semua buah dapat kering secara efektif dan dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk pengeringan udara, pengeringan sinar matahari, pembekuan, atau pengeringan menggunakan mesin khusus. Hasilnya adalah buah kering yang lebih ringan, manis, dan tahan lama. Dari beberapa jenis pengeringan tersebut, metode pembekuan dinilai dapat mempertahankan nutrisi paling banyak. Namun, proses ini lebih mahal sehingga jarang dilakukan.

Baca juga: 5 Buah – Buahan yang mengandung Banyak Vitamin C

Sementara proses pengeringan udara adalah proses yang paling umum digunakan. Selain lebih cepat, prosesnya juga tidak semahal proses pembekuan.

Tak hanya sampai disitu, buah yang dikeringkan akan melalui proses pengemasan menggunalan sulful dioksida. Sulfur dioksida adalah antioksidan buatan dan agen antibakteri. Bahan ini dapat mencegah buah kering berwarnadan memperpanjang umur simpan buah.

Kandungan pada buah kering

Banyak sekali jenis buah-buahan kering yang dijual dan dengan kandungan nutrisi yang bervariasu. Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah buah kering baik untuk kesehatan? Jawabannya adalah Anda perlu mengetahui apa saja kandungan dan jumlah yang ada di dalamnya.

Dilnsir dari Halodoc, dalam secangkir buah kering kurang lebih mengandung beberapa hal ini:

  • Protein: 4 gram
  • Kalori: 480 gram
  • Lemak: 0 gram
  • Serat: 8 gram
  • Gula: 92 gram
  • Karbohidrat 112 gram

Umumnya, mikronutrien yang sering ditemukan dalam buah kering yaitu, vitamin A, vitamin C, kalsium, kalium, dan besi. Buah kering ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan bagi kesehatan tubuh yang mengonsumsinya.

Kelebihan mengonsumsi buah kering

Mengonsumsi buah kering memiliki beberapa kelebihan, dan buah kering dapat menjadi tambahan yang baik untuk pola makan sehat. Berikut adalah beberapa kelebihan mengonsumsi buah kering:

1. Portabilitas dan kemudahan konsumsi

Buah kering sangat portabel dan tahan lama, membuatnya menjadi camilan yang praktis di mana saja. Kemudahan konsumsi ini menjadikannya pilihan yang baik untuk dibawa bepergian, bekerja, atau sebagai camilan sehat di sekolah.

2. Serat yang baik untuk pencernaan

Meskipun proses pengeringan dapat mengurangi jumlah serat dalam buah, buah kering masih mengandung serat yang bermanfaat bagi pencernaan. Serat membantu mencegah sembelit dan mempertahankan kesehatan saluran pencernaan.

3. Memiliki kandungan gizi yang tinggi

Ika dibandingkan dengan makanan lain, buah kering mengandung hingga 3,5 kali vitamin, serat, dan mineral. Sehingga jangan heran jika satu porsi buah kering dapat membantu melengkapi kebutuhan harian yang disarankan dari banyak jenis vitamin dan mineral.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah kering kaya akan serat, dan hal itu merupakan sumber antioksidan yang mumpuni, terutama polifenol. Polifenol adalah kandungan yang mampu meningkatkan aliran darah, menjaga kesehatan pencernaan, dan menurunkan risiko kerusakan oksidatif.

Meskipun demikian, kandungan vitamin pada buah kering tentu berkurang jika dibandingkan buah yang masih segar. Namun, buah kering tetap baik untuk dikonsumsi.

Baca juga: 10 Jus Buah dan Sayur untuk Meningkatkan Kesehatan Lansia

4. Baik untuk proses kehamilan

Diet kaya zat besi terbukti memiliki peran penting untuk kehamilan yang sehat. Pasalnnya, selama kehamilan, tubuh perlu menyerap zat besi dalam jumlah yang besar. Contohnya adalah aprikot kering yang kaya akan zat besi.

Selain itu juga ada buah kurma kering yang berpengaruh dalam membantu serviks melebar dalam beberapa bulan terakhir kehamilan. Sebab, buah ini mengandung kalium, serat, dan zat besi yang merupakan sumber antioksidan terbaik bagi ibu hamil.

5. Membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh

Kandungan buah kering mengandung zat besi, vitamin A, dan vitamin C serta kandungan kalori yang lebih rendah. Salah satunya adalah buah goji berry kering yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cepat. Vitamin C yang terdapat dalam buah goji berry kering tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga baik untuk kesehatan kulit dan dapat melawan infeksi.

Kekurangan mengonsumsi buah kering

Perlu diingat, konsumsi buah kering juga harus tetap disertai dengan asupan buah segar agar kebutuhan nutrisimu terpenuhi. Sebab, selain memiliki kelebihan, buah kering juga memiliki kekurangan, seperti:

1. Memiliki kandungan gula yang tinggi

Meski gula dalam buah kering termasuk alami, namun karena kandungan airnya dihilangkan, sehingga terdapat perubahan konsentrasi gula yang lebih tinggi. Sehingga, bagi Anda yang memiliki masalah diabetes atau gula darah tinggi bisa lebih berhati-hati ketika akan mengonsumsi buah kering.

2. Kehilangan sebagian vitamin dan nutrisi

Selain kandungan gula yang tinggi, proses pengeringan buah juga menyebabkan hilangnya beberapa nutrisi pada buah. Seperti vitamin C dan beberapa nutrisi lain yang larut air akan hikut hilang bersama dengan hilangnya kandungan air.

Meskipun masih mengandung beberapa nutrisi, namun tidak menutup kemungkinan jika proses pengeringan bisa menghilangkan sebagian nutrisi.

3. Peningkatan kandungan kalori

Kandungan energi dalam buah kering cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar karena pengurangan air. Oleh karena itu, konsumsi berlebihan buah kering dapat menyebabkan asupan kalori yang lebih besar, yang dapat menyebabkan masalah berat badan jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Klik Dokter (2022). Buah Kering, Baik atau Buruk untuk Kesehatan?. Diakses pada 1 Januari 2024

Healthline (2023). Dried Fruit: Good or Bad?. Diakses pada 1 Januari 2024.

EatingWell (2023). Dried vs. Fresh Fruit: Which One Is Healthier?. Diakses pada 1 Januari 2024.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care