HomeFakta KesehatanSering Menyalakan Lampu Saat Tidur? Kenali Dampaknya untuk Kesehatan

Sering Menyalakan Lampu Saat Tidur? Kenali Dampaknya untuk Kesehatan

Setiap orang memiliki kebiasaan tidur yang berbeda, baik dalam hal waktu, tempat, maupun kondisi kamar. Termasuk juga dalam masalah penerangan ketika tidur.

Sebagian orang lebih suka tidur dalam kondisi lampu dimatikan, tetapi ada pula yang lebih nyaman ketika keadaan terang. Namun, menyalakan lampu saat tidur ternyata memiliki dampak untuk kesehatan. Apa saja? Simak informasi lengkapnya pada ulasan berikut ini.

Dampak menyalakan lampu saat tidur

Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur nyatanya memiliki dampak untuk kesehatan dan psikologis. Hal itu karena paparan cahaya selama tidur membuat otak sulit untuk mencapai tidur yang lebih dalam. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan jika Anda sering menyalakan lampu saat tidur, diantaranya:

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur, Simak!

1. Meningkatkan risiko mengalami penyakit kronis

Kebiasaan menyalakan lampu saat tidur dalam jangka panjang dapat meningkatkan seseorang mengalami risiko penyakit kronis. Beberapa penyakt yang dapat terjadi, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes melitus, hingga penyakit jantung.

2. Menurunkan kualitas tidur

Selain dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, kebiasaan ini dapat berdampak pula pada kualitas tidur seseorang. Cahaya dari lampu, terutama lampu biru dan putih dapat menggangu produksi hormon melatonin yang berfungsi untuk membantu tubuh tidur nyenyak. Hal ini dapat menyebabkan kualitas tidur yang lebih buruk dan membuat tubuh terasa lebih lelah ketika bangun.

3. Menurunkan kesehatan mental

Cahaya lampu yang terang ketika tidur juga berdampak langsung pada kesehatan mental. Beberapa studi menunjukan jika kebiasaan ini bahkan dapat meningkatkan risiko gangguan mood, seperti depresi.

Hal ini karena cahaya biru dari suatu perangkat elektronik dapat menimbulkan efek negatif pada suasana hati dan ketidakseimbangan hormon. Pada orang dewasa, dapat membuat orang menjadi lekas marah dan murung, sedangkan pada anak-anak membuat mereka menjadi lebih hiperaktif.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Pada Generasi Muda

4. Meningkatkan risiko terjadinya obesitas

Dilansir dari National Institutes of Health, obesitas cenderung dialami oleh wanita yang kerap tidur dengan keadaan lampu menyala. Seperti yang disebutkan sebelumnya jika lampu yang selalu terang ketika tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Semakin sedikit waktu tidur yang didapat, maka akan banyak pula makanan yang dikonsumsi.

Hal tersebut yang pada akhirnya memengaruhi waktu makan. Seseorang akhirnya cenderung memilih makan larut malam yang secara otomatis dapat mempengaruhi peningkatan berat badan.

5.Meningkatkan risiko terjadinya kanker

Dalam sebuah riset dari Massachussetts Intitute of Technology (MIT), mengungkapkan jam tubuh seseorang ditentukan oleh cahaya. Cahaya ini berfungsi membuat tubuh mengenal waktu serta mengatur fungsi sel termasuk metabolisme.

Tubuh memiliki dua gen yang bertugas mengenal waktu dan memiliki kemampuan untuk menekan tumor. Pengaturan cahaya yang membingungkan, seperti ketika malam hari namun terdapat cahaya terang, bisa membuat penekan tumor menipis dan akhirnya berpotensi membuat tumor memburuk.

Baca juga: Kenali Waktu Tidur Ideal Berdasarkan Usia: Berapa lama yang Anda Butuhkan?

Selain itu, pada wanita kebiasaan ini juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Kekurangan hormon melatonin dapat membuat tubuh tidak bisa memerangi sel kanker.

Tips agar terhindar dari dampak menyalakan lampu saat tidur

Guna menghindari efek negatif dari cahaya lampu saat tidur, perlu dilakukan perubahan kebiasaan ketika tidur. Ada cara lain agar tidur Anda lebih berkualitas, diantaranya:

  1. Cobalah memulai kebiasaan mematikan lampu atau menggunakan lampu tidur.
  2. Menggunakan tirai kamar gelap.
  3. Hindari menggunakan benda elektronik, seperti handphone sebelum tidur.
  4. Rutin untuk memulai olahraga di awal hari, seperti pagi atau sore hari.
  5. Atur pendingin ruangan (AC) atau termostat ke suhu yang lebih dingin.
  6. Hindari beberapa asupan makanan dan minuman, seperti makanan berat, alkohol, dan kafein saat malam hari.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Halodoc (2020). Ini Dampak Kesehatan Akibat Tidur dengan Lampu Menyala. Diakses pada 26 Agustus 2023.

Sleep Foundation (2023). What Are the Effects of Sleeping With the Lights On?. Diakses pada 26 Agustus 2023.

Healthline (2019). Is Sleeping with the Lights On Good or Bad for You?. Diakses pada 26 Agustus 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care