Mick Jagger The Rolling Stones Operasi Katup Jantung

Kabar mengejutkan hadir dari Mick Jagger vokalis The Rolling Stones yang harus menjalani operasi katup jantung setelah sekian lama mengidap penyakit misterius.

Rencananya operasi katup jantung akan dilakukan pada hari Jumat, 5 April 2019 ini di New York setelah sebelumnya disarankan oleh dokter untuk melakukan perawatan medis.

Dikutip dari Detik.com “Mick Jagger disarankan dokter untuk tidak menjalani tur dulu karena membutuhkan perawat medis. Dokter menyebut Mick akan segera pulih jadi dia bisa kembali ke atas panggung secepatnya,” kata perwakilan band The Rolling Stones.

Kendati tur The Rolling Stones bakal batal yang semula telah direncanakan pada 20 Arpil sampai 29 Juli fans sebaiknya memahami dan mengerti dari keadaan Mick.

Seperti yang dilaporkan Drudge Report bahwa tingkat keberhasilan operasi katup jantung Mick mencapai 95%, yang artinya Mick dapat melanjutkan rencana tur yang telah direncanakannya setelah operasi.

Mick berkata “Saya akan bekerja keras supaya bisa lekas kembali ke panggung. Sekali lagi saya minta maaf pada semua penggemar dan staf yang mendukung agenda tur ini,” tutup Mick.

Mengenal Operasi Katup Jantung

Operasi katup jantung adalah tindakan bedah pada jantung dengan tujuan memperbaiki atau mengganti katup jantung yang mengalami disfungsi. Kondisi gangguan katup jantung ini bisa berupa kekakuan (stenosis) atau kebocoran (regurgitasi).

Penyakit Katup Jantung

Penyakit ini adalah penyakit yang tidak menular dan tidak bisa diturunkan kepada anak-cucu. Gagalnya fungsi katup jantung yang seharusnya bertugas membuka dan menutup sehingga mengakibatkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

Dibutuhkan tindakan medis untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung. Tidak dibutuhkan waktu lama bagi pasien untuk kembali hidup normal dan beraktifitas seperti sedia kala. Kendati begitu, setelah menjalai operasi katup jantung, pasien harus dirawat inap secara intensif di rumah sakit.

Setelah selesai operasi, pasien bisa melakukan perawatan pasca operasi katup jantung dengan menggunakan jasa perawat homecare jika dibutuhkan pendampingan pribadi oleh perawat yang profesional.

Baca juga: 3 Daftar Layanan Home Care Medis Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Menggunakan Jasa Perawat

Fungsi Katup Jantung

Pada bagian jantung mempunyai 4 katup yang mempunyai fungsi masing-masing. Pada hakikatnya fungsi dijantung adalah untuk memompa darah dan mengatur aliran darah ke seleuruh organ tubuh. Ada pun nama dan fungsi masing-masing katup tersebut adalah sebagai berikut:

  • Katup Trikuspid bertugas untuk membatasi antara atrium (serambi) kanan dan ventrikel (bilik) kanan jantung.
  • Katup Mitral sedangkan katup bagian ini sebagai batas antara atrium kiri dan ventrikel kiri jantung.
  • Katup Pulmonal atau bisa disebut juga dengan katup pembuluh paru-paru berfungsi untuk mengatur aliran darah yang berasal dari ventrikel kanan menuju pembutuluh arteri paru-paru.
  • Katup Aorta seperti namanya, katup aorta yang akan mengatur aliran darah yang berasal dari ventrikel kiri menuju pembuluh aorta yang akan melanjutkan ke seluruh bagaian tubuh.

Teknik atau Cara Tindakan Medis Dalam Operasi Katup Jantung

Jika katup jantung masih bisa dipertahankan alias tidak menggantinya dengan yang baru, maka tidakannya bisa berupa memperbaiki katup jantung.

Dalam memperbaiki katup jantung terdiri dari dua teknik atau cara, pertama dengan melakukan penutupan katup yang mengalami kebocoran dan hingga melakukan pelebaran pada bukaan katup yang mengalami penyempitan atau kekauan.

Jika katup jantung pasien terjadi kebocoran maka dibutuhkan tindakan medis yang disebut dengan annuloplasty, metode ini untuk memperkuat otot katup jantung dan juga perlu tindakan penutupan kebocoran menggunakan cincin katup jantung.

Namun jika katup jantung pasien mengalami penyempitan maka ditubuhkan metode pelebaran bukaan katup jantung yang biasa disebut dengan teknik valvuloplasty.

Jika kedua teknik di atas tidak bisa dilakukan karena fungsi jantung tidak bisa diperbaiki untuk mengatasi kebocoran dan tindakan pelebaran bukaan katup jantung, maka dokter akan melakukan penggantian katup jantung.

Penggantian katup jantung bisa dengan merekayasa dari bahan plastik atau logam (katup prostetik) dan katup biologis yang didapat dari donor katup orang lain.

Baca juga: 10 Organ Tubuh Manusia Yang Bisa Didonorkan

Gejala Katup Jantung Bermasalah

Gejala di bawah ini adalah yang paling umum ditemukan pada pasien yang mempunyai kelanan pada katup jantung. Mungkin dokter akan memeriksa kesehatan pasien secara umum dan kemudian melakukan pemeriksaan pada kondisi jantung.

  • Nyeri pada dada.
  • Jantung akan berdebar lebih cepat.
  • Mengalami sesak nafas.
  • Cepat lelah walau tidak banyak melakukan aktifitas.
  • Bibir dan ujung pada jari menjadi berwarna biru (sianosis).
  • Edema atau pembengkakan pada tungkai atau perut akibat penumpukan cairan.
  • Terjadi kenaikan berat badan yang cepat atau drastis yang diakibatkan oleh penumpukan cairan.

Dokter akan melakukan operasi pada jantung untuk menemukan kelainannya, sehingga setelah dilakukannya pemeriksaan maka dokter bisa menyimpulkan untuk melakukan tindakan medis berupa operasi katup jantung.

Baca juga: Perawat Orang Sakit Home Care di Rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here