HomeKesehatanBerikut Bahan Alami Yang Terbukti Mengatasi Penyebab Rambut Rontok

Berikut Bahan Alami Yang Terbukti Mengatasi Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok dapat terjadi pada siapa saja, terutama bagi orang yang telah mempunyai umur di atas 40 tahun ke atas. Tidak menutup kemungkinan orang dengan usia kurang dari 40 tahun juga akan mengalami rambut rontok.

Faktanya rambut manusia setiap hari mengalami kerontokan mulai dari 50 hingga 100 helai. Namun di waktu yang sama tunas-tunas baru pengganti rambut yang rontok akan tumbuh.

Diperkirakan manusia mempunyai sekitar 100 ribu helai rambut di kepala yang akan terus mengalami rontok dan tumbuh secara bergantian. Bukan sesuatu yang harus diwaspadai, namun jika sudah mengalami rambut rontok parah atau telogen effluvium maka sebaiknya segera mencari tahu penyebab rambut rontok dan bagaimana cara mengatasinya.

Baca nanti: Cara Mengatasi Kaki Pecah-Pecah Menggunakan Cara Alami Hingga Obat Berikut Ini

Apa penyebab rambut rontok?

Rambut rontok dapat diderita oleh pria atau pun wanita, namun melihat fakta yang ada. Pria akan mengalami risiko kerontokan rambut yang lebih ekstrem daripada wanita.

Seperti yang sering kita lihat bahwa lebih banyak pria dewasa mengalami rambut rontok hingga mengakibatkan kebotakan yang mana hal ini tidak banyak terjadi pada wanita.

Tidak hanya pria atau wanita dewasa saja yang dapat mengalami kerontokan rambut, seorang anak dan ibu hamil pun dapat mengalami rambut rontok.

Penyebab rambut rontok secara umum

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 15 penyebab rambut rontok pada pria, wanita dan anak-anak.

  • Stres yang berlebih
  • Faktor keturunan
  • Kelebihan vitamin A
  • Kekurangan vitamin B
  • Kekurangan protein
  • Mengalami anemia
  • Mempunyai gangguan pada kelenjar tiroid
  • Kelainan autoimun
  • Polycystic ovary syndrome (PCOS)
  • Salah pilih shampo dan kulit kepada yang tidak sehat
  • Terlalu sering menggunakan hair dryer
  • Gangguan kontrol impuls (Trichotillomania)
  • Menjalani pengobatan kemoterapi
  • Perubahan hormon pada wanita hamil
  • Rambut rontok pada ibu menyusui
  • Efek samping dari obat-obatan

Cara mengatasi rambut rontok

Terdapat berbagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan bahan alami atau pun pengobatan secara medis. Tindakan yang harus dilakukan harus dilihat dari faktor penyebabnya terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya kesalahan perawatan.

Lakukan konsultasi kepada dokter kulit untuk melakukan diagnosa penyebab terjadinya rambut rontok secara akurat dan penanganan yang tepat.

Jika terjadi kelainan yang membutuhkan bantuan dokter dan obat-obatan, maka opsi untuk melakukan pengangkatan sebagian pada kulit kepala atau terapi untuk menumbuhkan rambut dengan laser hingga operasi transplantasi rambut.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen

Jika tidak ada diagnosa yang membutuhkan tindakan medis oleh dokter atau pun penggunaan obat-obatan maka dapat memilih melakukan cara mengatasi rambut rontok berlebihan menggunakan bahan-bahan alami berikut ini:

1. Cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya

Sudah sejak lama lidah buaya digunakan sebagai obat alami untuk rambut rontok. Tumbuhannya mudah dibudidayakan dan pemakaiannya pun cukup mudah.

Cukup dengan menggunakan satu batang daun lidah buaya lalu kupas dari kulitnya dan gunakan daging lidah buaya untuk dioleskan ke seluruh bagian pada rambut, dari pangkal hingga ujung rambut.

Sebelumnya pastikan rambut telah dibasahi menggunakan air biasa dan tunggu hingga rambut kering kemudian baru gunakan lendir atau cairan lidah buaya ke seluruh bagian rambut. Tunggu kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air biasa, lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk mengatasi rambut rontok saja melainkan juga menguatkan, menyehatkan dan merangsang pertumbuhan rambut-rambut baru di kepala.

2. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak kemiri

Sama halnya dengan lidah buaya, minyak kemiri juga sudah dikenal sejak lama sebagai solusi mengatasi rambut rontok secara alami dan sehat.

Kandungan minyak kemiri sangat ampuh untuk membuat rambut menjadi lebih kuat, hitam, lebat dan menyehatkan kulit kepala.

Menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi rambut rontok dapat dengan membuatnya sendiri, pasalnya kimiri juga umum ditemukan di dapur rumah.

Cara membuat minyak kemiri cukup dengan menumbuk kasar biji kemiri kemudian lakukan penyangraian hingga dirasa cukup lalu tumbuk sampai halus hingga mengeluarkan minyak.

Gunakan minyak kemiri yang telah jadi untuk dioleskan ke kulit kepala secara merata dan diamkan kurang lebih 20 menit. Lakukan pembilasan dengan keramas menggunakan shampo.

Saat ini telah banyak orang yang menjual minyak kemiri baik di toko-toko atau pun marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak atau Lazada). Lakukan tindakan mengolesi rambut dengan minyak kemiri secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Cara mengatasi rambut rontok dengan minyak esensial

Selain minyak kemiri yang bagus untuk merawat dan menumbuhkan rambut agar tidak mudah rontok adalah dengan menggunakan minyak esensial.

Manfaat yang dimiliki oleh minyak esensial hampir sama dengan minyak kemiri, yaitu sama-sama dapat merangsang pertumbuhan rambut hingga meningkatkan metabolisme sel untuk menstimulasi pertumbuhan rambut manjadi lebat.

Namun harap diperhatikan penggunaan minyak esensial sebelum menggunakannya dengan melakukan pengetesan terlebih dahulu untuk menghindari reaksi alergi.

Caranya dengan mengoleskan minyak esensial pada kulit lengan atau kulit telinga bagian belakang. Tunggu hingga 24 jam untuk mengetahui apakah minyak ini aman atau tidak. Jika muncul reaksi alergi seperti gatal dan kemerahan, sebaiknya jangan menggunakan metode ini.

Namun jika tidak timbul reaksi alergi sama sekali, lanjutkan dengan mencampurkan minyak esensial dengan minyak zaitun atau minyak jojoba untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleskan minyak esensial yang telah diencerkan menggunakan salah satu minyak zaitun atau jojoba ke bagian rambut kepala secara merata. Diamkan semalaman untuk kemudian pagi harinya dibilas menggunakan air mengalir.


Butuh perawat pribadi seperti perawat lansia, perawat bayi/anak, perawat medis dan perawat orang sakit non medis di rumah secara live-in 24 jam? Gunakan layanan home care Insan Medika. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Baca juga:

- Advertisement -
Yusuf Dwi Putrahttp://insanmedika.co.id
Jasa home care penyedia layanan kesehatan dengan menghadirkan perawat lansia, perawat medis, perawat orang sakit hingga perawat anak di rumah pribadi pengguna jasa. Home care terbesar di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care