HomePengobatanKetahui 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Orang...

Ketahui 5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Orang Dewasa

Sakit gigi akibat gigi berlubang seringkali menjadi masalah yang sangat menyebalkan bagi orang dewasa. Rasa sakit dan ngilu yang ditimbulkan, menyebabkan aktivitas terganggu sebab sampai membuat sakit di bagian gusi, pipi hingga kepala. Kondisi ini juga terkadang membuat kita sulit untuk mengonsumsi makanan.

Jika sudah seperti ini, menggunakan obat sakit gigi menjadi salah satu solusi terbaik untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan. Memilih obat sakit gigi juga tak boleh sembarangan.

Dikutip dari claveland clinic, obat yang memiliki kandungan anti-inflamasi non steroid seperti naproxen, ibuprofen, dan asetaminofen bisa menjadi pilihan untuk meredakan nyeri gigi.

Baca juga: Ternyata Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

Rekomendasi obat sakit gigi berlubang

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat sakit gigi berlubang yang telah kami rangkum dan dapat Anda jadikan pilihan, diantaranya:

1. Asam mefenamat

Asam mefenamat adalah salah satu obat yang termasuk golongan obat antiinflamasi non steroid (OAINS) yang mana sering diberikan oleh dokter sebagai obat sakit gigi berlubang.

Obat ini bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yang dapat menyebabkan nyeri dan peradangan pada gigi berkurang. Asam mefenamat dapat Anda temukan di apotek terdekat dan tersedia dalam bentuk tablet, sirup, dan kapsul.

2. Ibuprofen

Selain asam mefenamat, ibuprofen juga salah satu obat yang termasuk golongan OAINS. Hal ini membuat ibuprofen dinilai efektif untuk mengurangi nyeri dan peradangan akibat gigi berlubang.

Selain itu, ibuprofen juga mudah ditemukan di apotek serta dapat ditemukan dalam bentuk tablet, kapsul, ataupun sirup. Meski obat ini mudah ditemukan, namun alangkah baiknya gunakan resep dokter untuk mengetahui takaran dosis yang tepat.

3. Paracetamol

Meski dikenal sebagai obat penurun panas, paracetamol ternyata dapat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi berlubang. Paracetamol adalah analgesik yang terbilang aman dan tidak menimbulkan efek samping, asalkan pemakaiannya tidak melebihi dosis harian.

Bagi orang dewasa, total dosis harian maksimal 4 gram atau 8 x 500 mg tablet. Untuk dosis sakit gigi, dapat dikonsumsi tablet 2 x 500 mg, 4 kali sehari (setiap 6 jam).

4. Antibiotik

Antibiotik juga diperlukan untuk mengatasi sakit gigi berlubang. Jenis antibiotik yang umum diresepkan sebagai obat sakit gigi berlubang seperti amoxicillin, penicillin, dan metronidazole.

Obat-obat ini biasanya akan diresepkan dokter guna mengatasi nyeri akibat gigi berlubang yang disertai infeksi hingga disertai demam dan bengkak pada gusi ataupun wajah.

5. Dentasol

Berbeda dengan obat-obat sebelumnya, dentasol adalah salah satu jenis obat gigi yang bekerja dengan cara dioleskan langsung ke bagian gigi yang sakit.

Obat ini berbentuk gel atau cairan yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri dan linu pada gigi.

Baca juga: Ketahui Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Lansia

Cara mencegah agar tidak terjadi sakit gigi

Selain tindakan pengobatan, tindakan pencegahan rasanya juga perlu dilakukan. Anda dapat menjaga kebersihan gigi dan mulut agar tidak terjadi sakit gigi kembali dengan cara berikut:

  • Rutin membersihkan sela-sela gigi,
  • Menyikat gigi 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride,
  • Jangan lupa berkumur menggunakan obat kumur,
  • Kurangi asupan minuman atau makanan yang mengandung gula tinggi,
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin setidaknya 6 bulan sekali.

Merawat gigi lebih baik daripada mengobati sakit gigi apalagi jika gigi sudah berlubang. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat sakit gigi, pastikan bahwa gejala sakit gigi yang Anda alami tergolong ringan. Sebab, jika sakit gigi yang Anda alami tergolong berat, disarankan untuk langsung konsultasi ke dokter agar mendapat penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Web MD (2021). Tooth Decay Prevention: 8 Daily Dental Care Tips. Diakses pada 29 Januari 2023.

Hello sehat (2022). Obat Sakit Gigi Berlubang untuk Mengatasi Nyeri Tak Tertahankan. Diakses pada 29 Januari 2023.

Verywell health (2022). 7 Ways to Prevent Cavities. Diakses pada 29 Januari 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care