HomeIbu dan BayiKenali Gejala Alergi Dingin pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Kenali Gejala Alergi Dingin pada Bayi dan Cara Mengatasinya

Muncul bentol-bentol dan kemerahan pada kulit bayi Anda pada saat dingin? Jika iya, bisa jadi bayi Anda mengalami alergi dingin.

Pasalnya bukan hanya orang dewasa saja yang dapat mengalami alergi dingin, namun bayi ternyata juga dapat terserang kondisi ini. Reaksi sistem kekebalan tubuh bayi terhadap dingin menyebabkan munculnya gejala seperti kemerahan, bengkak, hingga rasa gatal di kulit, di bagian tubuh tertentu.

Hal inilah yang terkadang membuat bayi jadi rewel. Lalu, apa saja gejala, hingga bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lanjut.

Sekilas tentang alergi dingin pada bayi

Alergi dingin adalah suatu kondisi timbulnya gatal atau ruam merah pada kulit yang akibat terpapar udara atau suhu dingin dalam kurun waktu tertentu. Pemicunya bukan hanya udara dingin namun juga minuman dan makanan dingin.

Kondisi ini dapat terjadi akibat pelepasan histamin dengan jumlah cukup besar yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Hal itulah yang akhirnya menimbulkan gejala alergi dingin seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, sesak napas, hingga ruam.

Alergi dingin dapat dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali bayi dan anak-anak. Alergi dingin yang terjadi pada anak-anak biasanya memiliki tingkat gejala yang berbeda-beda, tergantung tingkat keparahan kondisi yang dialami.

Gejala alergi dingin pada bayi

Selain munculnya biduran atau ruam di kulit, ada beberapa gejala lain yang sering muncul saat bayi mengalami alergi dingin, diantaranya:

  • Mata berair.
  • Bayi sering bersin-bersin dan batuk-batuk.
  • Munculnya suara ‘grok-grok’ akibat produksi lendir yang berlebihan.
  • Susah bernapas hingga berbunyi “ngik” (mengi).
  • Bayi sering menggaruk bagian hidung dan mengusap matanya karena rasa gatal akibat paparan suhu dingin.
  • Tangan memegang setelah memegang objek dingin.
  • Muncul bercak kemerahan di kulit.
  • Bibir dan tenggorokan membengkak setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang dingin.
  • Sensasi gatal dan rasa terbakar pada kulit.

Cara mengatasi alergi dingin pada bayi

Dalam beberapa kasus, alergi dingin dapat sembuh dalam beberapa minggu hingga bulan saja. Namun hal ini disesuaikan dengan kondisi bayi.

Meskipun dapat sembuh dengan sendirinya, kita tetap harus memiliki upaya untuk mencegah atau mengatasi kondisi ini. Beberapa upaya tersebut, diantaranya:

1. Hindari bayi dari paparan dingin

Agar anak terhindar dari alergi dingin, tentu saja perlu menghindari pemicunya, yaitu paparan dingin. Berikan selimut pada bayi agar tetap hangat. Hindari juga membawa bayi yang sensitif terhadap dingin, dalam keadaan tidak memakai pakaian tebal. Kondisi lingkungan yang dingin, seperti musim hujan dapat memicu terjadinya alergi dingin pada bayi.

2. Memastikan ruangan bayi tetap hangat

Selain pakaian yang hangat, Anda juga perlu memastikan ruangan tidur bayi aman. Salah satu yang dapat Anda lakukan dengan mematikan pendingin ruangan (AC) atau membuka jendela agar ruangan memiliki sirkulasi serta udara dingin dalam ruangan bayi juga bisa keluar.

3. Oleskan minyak telon pada bayi jika terkena gejala alergi

Agar terhindar dari gejala alergi dingin, Anda juga dapat memberikna minyak telon. Kandungan pada minyak telon dinilai membantu bayi yang sensitif terhadap dingin, agar tetap hangat.

4. Memberikan ASI hangat

Selain minyak telon, memberikan ASI hangat juga menjadi perlindungan bagi bayi agar tubuhnya tetap hangat. Susu ASI dapat membantu bayi mendapat kehangatan dari dalam tubuh.

5. Membawa ke dokter

Cara pengobatan yang terakhir adalah membawa bayi ke dokter. Jika kondisi alergi semakin parah dan belum ada cara yang pas untuk mengobatinya, Anda perlu membawa bayi ke dokter agar mendapatkan penanganan dan pengobatan yang sesuai.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: Perawat MedisPerawat Orang SakitPerawat Lansia dan Perawat Anak. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Pesan sekarang!

REFERENSI

Alodokter (2021). Gejala Alergi Dingin pada Anak dan Pencegahannya. Diakses pada 19 Februari 2023.

Healthline (2019). Can You Be Allergic to the Cold?. Diakses pada 19 Februari 2023.

Klikdokter (2022). Cara Mengatasi Alergi Dingin pada Bayi. Diakses pada 19 Februari 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care