HomeFakta KesehatanKenali 5 Manfaat Terapi Ikan bagi Kesehatan, Benarkah Bisa...

Kenali 5 Manfaat Terapi Ikan bagi Kesehatan, Benarkah Bisa Hilangkan Stres?

Anda pasti pernah mendengar istilah terapi ikan. Terapi ikan adalah salah satu terapi yang cukup digemari di berbagai kalangan. Bahkan, kini tak sedikit ruang publik yang menyediakan terapi ikan. Lantas, apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Ketahui Fakta Chiropractic, Terapi Kretek Tulang yang Sedang Trend

Mengenal lebih jauh tentang terapi ikan

Fish spa atau dikenal dengan terapi ikan adalah salah satu prosedur pengobatan alternatif yang dilakukan dengan menggunakan bantuan ikan untuk mengeksfoliasi kulit atau memakan sel-sel kulit mati.

Jenis ikan yang biasa digunakan disebut Garra rufa. Garra ruffa adalah spesies ikan tidak bergigi yang biasanya ditemukan di wilayah Timur Tengah.

Umumnya terapi ikan dilakukan pada bagian kaki dengan cara meletakan kedua kaki di akuarium yang berisi air dan ikan Garra rufa selama 15-30 menit. Studi dalam jurnal Cureus (2020) menjelaskan terapi ini terbukti dapat membantu meredakan beberapa masalah kulit, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis.

Manfaat terapi ikan

Berikut ini ada beberapa manfaat dari terapi ikan untuk kesehatan, diantaranya:

1. Membantu mengangkat sel kulit mati

Terapi ikan dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati Anda, terutama pada bagian tubuh yang terendam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ikan Garra rufa akan memakan sel-sel kulit mati pada kaki. Sel kulit mati yang terangkat ini akan mencegah kondisi pori-pori tersumbat pernyebab masalah kulit.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Gigitan ikan Garra rufa biasanya akan menimbulkan sensasi rasa pijatan kecil. Hal ini ternyata dapat bermanfaat untuk merangsang aliran darah dan memperbaiki sirkulasi darah sehingga menjadi lebih lancar.

Manfaat ini bisa didapatkan lebih maksimal apabila Anda melakukan perawatan lain, seperti pijat refleksi atau body massage.

Baca juga: 5 Terapi Sederhana untuk Mengatasi Gangguan Insomnia, Perlu Dicoba!

3. Membantu pengobatan psoriasis alami

Terapi ikan juga dipercaya dapat membantu mengatasi psoriasis. Psoriasis adalah kondisi masalah kulit yang menyebabkan bagian kulit menebal, merah, dan bersisik.

Dilansir dari Hello Sehat, studi dalam Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine (2006) menjelaskan bahwa kombinasi ichthyotherapy dengan perawatan UVA (ultraviolet A) dapat menjadi pengobata alternatif untuk mengatasi psoriasis vulgaris.

Namun, hal ini tentu masih dibutukan penelitian lebih lanjut untuk menvalidasi temuan ini.

4. Membuat kulit menjadi lebih lembut

Selain dapat membatu mengatasi masalah kulit, terapi ikan juga bermanfaat untuk menghaluskan serta mencerahkan bekas luka pada kulit. Pasalnya, sel-sel kulit yang menumpuk adalah salah satu penyabab kulit terasa lebih kasar dan kusam.

5. Membantu mengurangi stres

Manfaat terapi ikan disebut dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Sensasi menggelitik dan pijatan kecil dari gigitan ikan Garra ruffa akan memberikan efek rileks dan menenangkan.

Meskipun efek ini hanya bertahan selama melakukan perawatan, namun setidaknya dapat membantu Anda untuk rileks, melepas penat, dan berpikir lebih jernih.

Baca juga: Mengenal Strategi Coping Mechanism untuk Mengatasi Stres

Prosedur melakukan terapi ikan dengan benar

Jika Anda ingin mencoba melakukan terapi ikan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari melakukan terapi ikan jika Anda mengalami luka di bagian kaki, seperti setelah mencukur bulu kaki. Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya risiko infeksi
  • Membasuh kedua kaki menggunakan air hangat sebelum melakukan terapi ikan. Tujuannya untuk meminimalkan jumlah bakteri yang ikut masuk ke akuarium.
  • Pastikan tempat terapi ikan yang Anda kunjungi bersih, terutama air di akuarium.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Cleveland Clinic (2022). Fish Pedicures: This Trend Is More Than a Little ‘Fishy’. Diakses pada 18 Juni 2023.

Halodoc (2022). Hal yang Perlu Dipahami seputar Terapi Ikan bagi Kesehatan. Diakses pada 18 Juni 2023.

Healthline (2021). Are Fish Pedicures Safe and Are There Benefits?. Diakses pada 18 Juni 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care