HomeKankerKenali 5 Jenis Kanker yang Memiliki Gejala Mimisan, Apa...

Kenali 5 Jenis Kanker yang Memiliki Gejala Mimisan, Apa Saja?

Epistaksis atau sering dikenal dengan mimisan adalah suatu kondisi ketika di dalam hidung mengalami pendarahan. Hal ini umum terjadi dan biasanya disebabkan karena udara kering yang memicu pengerasan kulit dalam hidung hingga menimbulkan iritasi.

Tak hanya itu saja, mimisan ternyata dapat terjadi akibat adanya kanker. Benarkah? Bagaimana mimisan bisa menjadi gejala kanker? Simak ulasan berikut ini.

Jenis kanker yang memiliki gejala mimisan

Gejala mimisan yang tidak menandakan masalah kesehatan, umumnya akan berhenti sendiri tanpa bantuan perawatan medis. Namun, jika mimisan yang terjadi terus menerus tanpa sebab hal itu perlu Anda curigai, sebab bisa menjadi gejala atau tanda adanya kanker.

Berikut ini terdapat 5 jenis kanker yang memiliki gejala mimisan, antara lain:

1. Kanker darah (Leukimia)

Mimisan juga menjadi salah satu gejala pada kanker darah atau leukimia. Keluarnya darah dari hidung tersebut mungkin akan sulit dihentikan, meskipun pendarahannya tergolong ringan.

Baca juga: Kanker Darah: Jenis, Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Pencegahan

Pasalnya, leukimia adalah kanker pada sel darah putih yang menghambat darah putih dalam melawan infeksi. Hal ini terjadi karena sumsum tulang belakang tidak mampu memproduksi sel darah merah dan trombosit yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Akhirnya sel darah putih yang dihasilkan memiliki jumlah berlebih dan tidak berfungsi dengan baik.

2. Kanker nasofaring

Kanker nasofarin adalah kanker yang menyerang area nasofaring tepatnya di atas faring atau tenggorokan dan di belakang hidung. Salah satu gejala pada kanker ini yaitu mimisan berulang. Mimisan pada kanker nasofaring biasanya terjadi pada salah satu sisi hidung dan biasanya tidak menyebabkan perdarahan berat.

Selain mimisan, tanda lain yang muncul adalah keluarnya ingus yang disertai bercak darah. Sebenarnya sulit untuk mendeteksi kanker ini pada tahap awal, sebab gejalanya sulit untuk dikenali. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami mimisan berulang, lebih baik segera periksa ke dokter.

3. Limfoma

Limfoma adalah kanker yang menyerang kelenjar getah bening. Limfoma bermula dari berkembangnya limfosit atau sel darah putih yang bertugas melawan infeksi. Kemudian, limfosit akan tumbuh dan berubah di luar kendali.

Terdapat dua jenis limfoma, yaitu limfoma Hodgkin dan non-Hodgkin. Limfoma yang menyebabkan mimisan adalah jenis limfoma non-Hodgkin. Pertumbuhan jaringan limfoid di hidung atau sinus ini dapat mengikis pembuluh darah di dekatnya sehingga menyebabkan mimisan.

Selain pendarahan berupa mimisan, gejala pendarahan lain juga timbul pada gusi, feses, muntah, vagina, hingga urin. Oleh sebab itu, kondisi terbesar akan mengarah ke trombositopenia yaitu kondisi trombosit rendah.

4. Kanker sinus paranasal dan rongga hidung

Selain limfoma, salah satu kanker yang memiliki gejala mimisan adalah kanker di rongga hidung atau dikenal sinus paranasal. Karsinoma sel skuamosa atau squamous cell carcinoma (SCC) adalah salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi di bagian ini.

Kondisi ini dapat terjadi akibat sinus yang kambuh di satu lubang hidung dan tidak menyebabkan pendarahan yang hebat.

Baca juga: Sinus Preauricular: Penyebab, Gejala, Pengobatan dan Perawatan

5. Multiple Myeloma

Multiple myeloma adalah salah jenis kanker yang terbentuk dalam jenis sel darah putih atau disebut sel plasma.

Sel plasma berfungsi melawan infeksi dengan membuat antibodi yang mengenali dan menyerang kuman. Kondisi tersebut membuat sel plasma kanker berlipat ganda di sumsum tulang dan mengeluarkan sel darah sehat. Alih-alih mendapatkan antibodi yang sehat, sel kanker malah menghasilkan protein abnormal yang menyebabkan komplikasi.

Akibatnya penderita mengalami memar dan pendarahan yang tidak biasa, seperti mimisan, gusi berdarah, dan menstruasi yang berat. Hal ini juga sebabkan karena sel-sel kanker di sumsum tulang dapat menghemtikan pembentukan sel-sel pembekuan darahh yang disebut trombosit.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Nampons (2021). Can Nosebleeds Be A Sign of Cancer. Diakses pada 25 Juni 2023.

Medanta (2019). The link between Noseblads dan cancer. Diakses pada 25 Juni 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang