HomeFakta KesehatanKebiasaan Mengelupas Bibir Kering? Kenali Dampak dan Cara Mengatasinya

Kebiasaan Mengelupas Bibir Kering? Kenali Dampak dan Cara Mengatasinya

Salah satu kebiasaan buruk yang biasanya sering dilakukan adalah mengelupas kulit bibir yang kering. Bahkan, tak banyak yang sampai mengeluarkan darah.

Jika Anda sering melakukan kebiasaan ini, segera hentikan. Sebab, kebiasaan mengelupas bibir kering ternyata mampu menimbulkan berbagai macam penyakit serius hingga dapat memicu pertumbuhan tumor pada bibir.

Penyebab bibir kering

Kebiasaan mengopek atau mengelupas bibir kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti, riwayat iritasi pada kulit, tekstur kulit bibir yang gatal, mengalami inflamasi, kulit bibir kering, kekurangan vitamin, hingga stres.

Kondisi bibir yang kering dan pecah-pecah ini dapat menjadi pertanda bibir sedang kurang lembab. Lantas, apa yang menyebabkan bibir menjadi kering? Berikut ini ada bebepa hal yang menyebabkan bibir kering, antara lain:

  • Kebiasaan menjilat, sebab air liur dapat menghilangkan kelembapan bibir.
  • Paparan sinar matahari yang terlalu panas.
  • Dehidrasi.
  • Kurangnya perawatan diri.
  • Kondisi tubuh yang sedang mengalami penyakit tertentu.

Bahaya mengelupas bibir kering

Perlu Anda ketahui, terdapat beberapa dampak buruk yang terjadi apabila Anda sering mengelupas bibir kering, diantaranya:

1. Iritasi

Kulit bibir adalah lapisan luar yang tipis dan sensitif, sehingga saat kulit tersebut terkelupas dapat membuat bibir luka hingga iritasi.

2. Bibir menggelap atau hiperpigmentasi

Area yang terkelupas atau teriritasi memang dapat sembuh dengan sendirinya, namun bekas luka tersebut akan membuat bibir mengalami hiperpigmentasi atau warna bibir menjadi lebih gelap.

3. Membuat lipstick tidak menempel tidak sempurna

Kulit bibir yang kering dan pecah akan membuat lipstick tidak bisa menempel dengan sempurna bahkan dapat membuat lipstick terlihat tidak mulus di bibir. Bagi sebagian orang hal ini tentu akan menurunkan kepercayaan diri dan menganggu penampilan.

4. Memicu pertumbuhan tumor di bibir

Kebiasaan mengelupas bubur kering juga dapat menyebabkan tumor. Dilansir dari Sonora, dr Arthur, SpKK, FINSDV seorang dokter kulit Indonesia, menjelaskan bahwa kebiasaan mengelupas bibir dapat membuat luka hingga membuat pembuluh darah tumbuh menjadi tumor.

Cara mengatasi kebiasaan mengelupas bibir kering

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda dilakukan untuk mengatasi bibir kering dan kebiasaan mengelupas bibir kering, diantaranya sebagai berikut:

  • Buat tangan menjadi sibuk, sehingga otak tidak akan mengajak tangan untuk menyentuh bibir terus-menerus.
  • Hindari kebiasaan menjilat bibir, karena akan membuat bibir semakin kering.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang pedas, berempah, atau asam, karena dapat memperparah kondisi bibir yang kering dan iritasi.
  • Gunakan lipbalm yang mengandung SPF 15 selama 2-3 kali dalam sehari. Berguna untuk melembabkan bibir serta melindungi kulit bibir dari bahaya paparan sinar matahari.
  • Perbanyak konsumsi air putih setidaknya 2-3 liter dalam sehari. Tujuannya untuk menghindari tubuh dan kulit bibir terdehidrasi.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Alodokter (2017). Tanya Dokter: Bahaya mengelupasi kulit bibir. Diakses pada 20 Mei 2023.

Healthline (2023). What Causes Chapped Lips and How to Treat Them. Diakses pada 20 Mei 2023.

MBG Lifstyle (2023). 6 Expert-Backed Strategies To Stop Picking Your Lips Once & For All. Diakses pada 20 Mei 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang