HomePenyakitCara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Cara Mengatasi Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri otot setelah berolahraga. Meski ini hal yang biasa terjadi, tetapi nyeri pada otot bisa membuat tubuh tidak nyaman. Ketika tubuh tidak nyaman itu pasti akan membuat aktivitas sehari – hari kamu pasti terganggu.

Karena itu, ada baiknya kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi rasa nyeri otot setelah berolahraga. Hal ini sangat berguna bagi kamu ketika mengalami masalah tersebut.

Mengapa Otot anda nyeri saat berolahraga ?

Pegal ketika kamu sudah melakukan olahraga bisa terjadi karena beberapa hal diantaranya :

  1. Intensitas olahraga yang bertambah
    Ketika kamu menambah intensitas olahraga, otot akan berusaha beradaptasi dengan memperbaiki dan juga menambah massa jaringan otot. Akibatnya otot akan mengalami rasa pegal ketika olahraga selesai.
  2. Melakukan gerakan – gerakan baru
    Melakukan gerakan – gerakan baru juga bisa menyebabkan rasa pegal. Ini terjadi karena otot – otot kecil yang tidak tersentuh ketika melakukan olahraga dengan gerakan lama akan berusaha beradaptasi karena gerakan – gerakan baru yang dilakukan saat berolahraga.
  3. Tidak Melakukan Pemanasan
    Jika kamu terburu – buru melakukan olahraga dan lupa melakukan pemanasan, bisa jadi itu juga penyebab otot – otot kamu pegal. Pemanasan sebelum melakukan olahraga bisa mencegah otot menjadi tegang.

Tips untuk Meringankan Nyeri Otot Setelah Berolahraga

  1. Lakukan gerakan ringan
    Melakukan gerakan ringan bisa membantu memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Ketika aliran darah mengalir akan mempercepat proses perbaikan dan akan mengurangi rasa nyeri pada otot.
  2. Minum Air
    Minum air putih nyatanya sangat bermanfaat untuk tubuh. Meminum air dapat mencegah kerusakan otot dengan menghindari penyusutan sel otot dan setelah itu mempertahankan sintesis protein yang baik.
  3. Kompres dengan air dingin atau hangat
    Ketika nyeri otot baru muncul dan mengalami sedikit pembengkakan pada otot. Kamu bisa mengompres dengan air dingin selama 10 – 15 menit. Ketika nyeri mulai reda dan tidak ada pembengkakan, kamu bisa mempercepat pemulihan dengan kompres hangat agar bisa meredakan nyeri otot.
  4. Pastikan mendapatkan protein yang cukup
    Protein merupakan nutrisi penting untuk membangun dan memelihara otot. Karena itu jika kamu mengalami nyeri otot, protein sangat berperang untuk membantu meredakan rasa nyeri pada otot.
  5. Istirahat yang cukup
    Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan istirahat setidaknya 8 – 9 jam sehari.

Itu adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami nyeri otot setelah berolahraga. Periksakanlah ke dokter jika nyeri otot tidak kunjung sembuh.

Jasa Layanan Perawat Home Care Terbaik di Rumah
Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDIS, PERAWAT ORANG SAKIT, PERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

Referensi
https://www.self.com/story/how-deal-post-workout-muscle-soreness-really-painful

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Artikel Terbaru

ARTIKEL POPULER

Cara mengobati luka bernanah

Cara Mengobati Luka Bernanah Agar Cepat Kering dan Sembuh

18
Luka terbuka yang berdarah jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat maka dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada luka tersebut. Luka bernanah disebabkan oleh adanya infeksi bakteri...
4 Jenis obat salep untuk luka bernanah

Gunakan 4 Jenis Salep Berikut Ini Untuk Mengobati Luka Bernanah

0
Apa bila sebuah luka yang mengalami peradangan tak kunjung diobati maka dapat memicu infeksi bakteri atau jamur yang disebut dengan piogenik penyebab munculnya nanah. Beberapa...
Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

Kabar Baik! Ilmuwan Israel Temukan Vaksin Virus Corona

0
Avian infectious bronchitis virus (IBV), ialah sebuah penyakit yang dianggap mirip dengan virus corona (Covid-19) telah diteliti selama beberap tahun terakhir oleh tim ilmuan...
10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

10 Obat Panu Paling Ampuh di Apotek Beserta Harganya

0
Panu (Tinea Versicolor) adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur secara abnormal sehingga menimbulkan corak warna yang berbeda dari kulit di sekitarnya. Penyakit kulit...
Kumpulan 10 Kata-Kata Bijak untuk Perawat yang Sangat Memotivasi

Kumpulan 10 Kata Bijak Yang Sangat Memotivasi untuk Perawat

0
Terlepas dari peran dokter, perawat adalah profesi yang sangat mulia, di tangan dan hatinyalah pasien dapat kembali sehat dan membuat semua orang bahagia. Perawat mempunyai...
Pesan Sekarang!
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care