HomeFakta KesehatanBukan Tumbuhan Biasa, Kenali 7 Manfaat Lidah Buaya untuk...

Bukan Tumbuhan Biasa, Kenali 7 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan lidah buaya adalah tanaman yang telah digunakan selama ribuan tahun karena sifat penyembuhan alaminya. Tanaman ini mengandung berbagai senyawa yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satu yang terkenal yaitu melembabkan kulit.

Selain itu, masih banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan. Apa saja? Simak informasi selengkapnya pada ulasan berikut.

Baca juga: Hiperpigmentasi Kulit Terjadi pada Lansia, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang dapat dilansir dari beberapa sumber, diantaranya:

1. Menyehatkan kulit

Lidah buaya dikenal sebagai obat alami untuk perawatan kulit. Senyawa seperti aloin, aloesin, dan giberellin dalam lidah buaya membantu mengatasi masalah kulit seperti luka bakar, jerawat, dan peradangan. Gel lidah buaya yang diterapkan pada kulit juga memberikan hidrasi dan meredakan iritasi.

Selain itu, dalam lidah buaya juga terkandung bahan mineral seperti enzim, antioksidan, vitamin A, vitamin C, ddan vitamin E yang baik untuk menguatkan skin barrier sehingga dapat membantu melembabkan kulit.

2. Membantu mengatasi masalah jerawat

Lidah buaya memiliki sifat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat. Selain itu juga bisa menghilangkan dan mempercepat penyembuhan jerawat nodul. Sifat penyembuhan alami gel lidah buaya ini dapat membantu mengurangi risiko bekas atau noda yang terbentuk akibat jerawat

Pasalnya, lidah buaya adalah tumbuhan memiliki kandungan asam salisilat dan senyawa antiseptik lain yang mana dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya memiliki kandungan senyawa glukomanan dan glikoprotein yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Senyawa glukomanan dapat mendorong pertumbuhan regenerasi sel dan produksi kolagen, yaitu protein yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan senyawa glikoprotein dapat mencegah inflamasi rasa sakit dan mempercepat perbaikan.

Dilansir dari alodokter, banyak penelitian juga menunjukan bahwa mengoleskan krim atau gel lidah buaya ke kulit yang mengalami luka bakar derajat ringan (1 dan 2) dapat mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Pencegahan dan Penanganan Pertama Luka Bakar Berdasarkan Stadium

4. Mengatasi sunburn

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan melembapkan yang dapat membantu mengatasi sunburn atau luka terbakar matahari. Selain itu, gel lidah buaya yang sejuk membuat tumbuhan ini memiliki sifat menenangkan dan mencegah terjadinya peradangan pada kulit akibat tersengat matahari.

5. Membantu mengatasi psoriasis

Lidah buaya dapat membantu mengatasi psoriasis, yaitu kondisi peradangan pada kulit yang dapat menyebabkan kulit kering, gatal, dan bersisik. Manfaat ini bisa didapatkan dari efek antiradang yang dimiliki lidah buaya, sehingga dapat mengurangi kemerahan dan mencegah psoriasis yang semakin parah.

6. Mengatasi ketombe

Gel lidah buaya mengandung enzim alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dari kulit kepala. Ini membantu mengurangi pengelupasan yang sering terkait dengan ketombe. Selain itu, sifat antiinflamasi yang ada pada lidah buaya juga dapat membantu meredakan peradangan pada kulit kepala, yang seringkali muncul bersamaan dengan ketombe.

Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala secara rutin 2-3 kali seminggu dan biarkan selama 30 menit hingga 1 jam sebelum keramas. Cara ini bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe.

7. Mencegah kanker

Dilansir dari alodokter, beberapa penelitian menunjukan jika jus lidah buaya mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan ini bermanfaat untuk melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan berpotensi mencegah kanker. Namun, hal ini tentu masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Baca juga: Kanker Kulit Melanoma disebut Penyakit Keturunan, Mitos atau Fakta?

Berikut tadi adalah beberapa manfaat dari tanaman lidah buaya. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan lidah buaya harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai dosis yang dianjurkan.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi akibat penggunaan lidah buaya adalah sakit perut, diare, penurunan berat badan, masalah ginjal, kelemahan otot, urine berdarah, hingga gangguan jantung. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan lidah buaya.


Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI

Alodokter (2023). 13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan. Diakses pada 14 Oktober 2023.

Cleveland Clinic (2022). Aloe Vera for Sunburns: Does It Help?. Diakses pada 14 Oktober 2023.

Healthline (2019). 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face. Diakses pada 14 Oktober 2023.

Verywell Health (2023). Health Benefits of Aloe Vera. Diakses pada 14 Oktober 2023.

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Pesan Sekarang!
1
Pesan Sekarang!
Butuh Perawat Home Care