HomeFakta Kesehatan7 Makanan ini Jadi Sebab Sistem Imunmu Melemah, Sudah...

7 Makanan ini Jadi Sebab Sistem Imunmu Melemah, Sudah Tau?

Taukah Anda? Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ternyata dapat melemahkan sistem imun atau kekebalan tubuh manusia.

Sistem imun pada tubuh mempunyai pengaruh yang besar untuk melindungi tubuh dari paparan penyakit, virus, bakteri, dan penyebab penyakit lainnya. Jika sistem imunitas melemah, tubuh yang akhirnya tidak mampu melawan virus-virus tersebut.

Makanan sendiri juga sangat berpengaruh terhadap tubuh. Sebab nutrisi yang ada di dalam makanan yang akan membuat kinerja organ dalam tubuh kita bekerja dengan baik.

Faktanya, ternyata tidak semua makanan itu sehat. Tak disadari, beberapa makanan ini ternyata yang jadi penyebab sistem imun Anda melemah.

1. Makanan cepat saji

freepik.com/Demkat

Makanan cepat saji atau biasa dikenal dengan fast food memang menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Selain harganya yang terjangkau, makanan ini juga praktis dan tidak mudah busuk.

Namun faktanya, makanan cepat saji bukanlah makanan yang sehat. Sebab memiliki kandungan nutrisi yang rendah dan memiliki kandungan berbahaya seperti pengawet dan penyedap rasa yang tinggi. Hal itu tentu menyebabkan sistem imun menjadi lemah.

Selain itu, pada makanan cepat saji juga ditemukan kandungan bahan kimia yang berbahaya, seperti bis (2-ethylhexyl) phthalate (DEHP) dan diisononyl phthalate (DINP). Keduanya adalah jenis bahan kimia Phthalates. Phthalates dapat larut dalam makanan cepat saji melalui bungkus makanan yang digunakan.

Phthalates yang terkandung dalam makanan dapat menganggu endokrin atau sistem penghasil hormon pada tubuh. Selain itu juga dapat memicu peningkatan produksi protein inflamasi yang dapat melemahkan respon kekebalan tubuh Anda.

2. Gorengan

freepik.com/stockking

Gorengan juga menjadi salah satu makanan yang menyebabkan lemahnya sistem imun pada tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan. Makanan yang digoreng mengandung Advanced Glycation End products (AGEs) yaitu kelompok senyawa yang teroksidasi sehingga memicu terjadinya diabetes atau penyakit kronik lainnya. AGEs terbentuk ketika gula bereaksi dengan protein atau lemak ketika pada suhu yang tinggi, seperti saat menggoreng.

Senyawa ini dianggap dapat melemahkan sistem imunitas tubuh dengan berbagai cara seperti, meningkatkan peradangan, menguras mekanisme antioksidan dalam tubuh, dan secara negatif mempengaruhi bakteri dalam usus.

Contoh makanan gorengan seperti kentang goreng, ayam goreng, keripik goreng, bala-bala, mendoan, dan masih banyak lagi.

3. Makanan tinggi garam

freepik.com/racool_studio

Makanan yang asin atau tinggi garam juga tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Sebab, asupan garam yang berlebihan dapat menghambat fungsi kekebalan tubuh, menekan respon anti-inflamasi, mengubah bakteri usus, dan mendorong pembentukan sel penyebab autoimun.

Penelitian membuktian bahwa makanan yang mengandung garam tinggi dapat memperburuk penyakit autoimun seperti, kolitis ulserativa, rheumatiod arthritis, radang usus kronis, dan lupus.

4. Makanan tinggi gula

freepik.com

Mengkonsumsi makanan dengan tinggi gula juga sangat mempengaruhi sistem imunitas tubuh Anda. Sebab, dapat menimbulkan peradangan serta mengurangi efektivitas sel darah putih.

Tak hanya itu, jika tubuh memiliki kadar gula yang tinggi akibat makanan yang kita kosumsi, dapat menghambat respon neutrofil dan fegosit, dimana dua jenis kekebalan tubuh tersebut yang nantinya akan membantu melindungi tubuh terhadap infeksi.

5. Makanan dengan pemanis buatan


freepik.com/KamranAydinov

Salah satu pengganti gula adalah pemanis buatan. Bahan kimia ini biasanya ditambahkan kedalam makanan untuk menambah rasa manis seperti pada jajanan-jajanan yang instan roti, permen, es krim, dan masih banyak lagi.

Meskipun beberapa kalori dan karbohidrat lebih rendah dari gula biasa, namun ternyata, mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan seperti sakarin dan suclarose dapat menganggu kontrol gula darah serta mengurangi bakteri usus yang baik. Yang mana keduanya sangat berpengaruh terhadap kesehatan pencernaah dan sistem imunitas tubuh.

6. Makanan tinggi lemak jenuh

Makanan yang memiliki asupan lemak jenuh yang tinggi, dapat mengaktifkan sinyal tertentu dan menyebabkan peradangan. Peradangan tersebut dapat menghambat sistem kekebalan tubuh dan tidak berfungsi dengan baik. Selain itu juga dapat memicu perubahan bakteri jahat pada usus dan merusak lapisan usus yang berpotensi meningkatkan resiko infeksi dan penyakit.

Beberapa makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti:

  • Mentega
  • Daging merah
  • Susu full cream
  • Brownies
  • Chocolate Mouses

7. Daging olahan dan hangus

freepik.com/atlascompany

Seperti makanan-makanan sebelumnya, daging olahan dan daging hangus ternyata juga dapat melemahkan sistem imunitas tubuh. Daging olahan memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang mana hal tersebut dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Beberapa penelitian menuturkan daging olahan dan daging hangus juga dapat menyebabkan penyakit yang serius seperti kanker usus besar.

Beberapa contoh makanan yang mengandung daging olahan dan hangus adalah:

  • Hot dog panggang
  • Hamburger
  • Bacon goreng
  • Steak

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat melemahkan sistem imunitas tubuh kita jika dikonsumsi secara belebih. Kini saatnya kamu menghindari makanan tersebut untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Insan Medika adalah perusahaan home care terbaik di Indonesia yang telah banyak mendapatkan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Terdapat 4 layanan keperawatan profesional: PERAWAT MEDISPERAWAT ORANG SAKITPERAWAT LANSIA dan PERAWAT DISABILITAS. Pemesanan cepat, harga transparan dan garansi tak terbatas. Hubungi sekarang!

REFERENSI
  • Healthline (2021). 10 Foods That May Weaken Your Immune System. Diakses pada 22 September 2022
  • Mulyati, sri (2016). Peranan Advanced Glycation End-products pada Diabetes. Diakses pada 22 September 2022
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nofollow

Artikel Terbaru

Artikel Populer

Chat Sekarang