5 Tips Jitu Tangkal Mabuk Darat saat Mudik
5 Tips Jitu Tangkal Mabuk Darat saat Mudik

Insan Medika – Tradisi yang tidak pernah dilewatkan oleh pekerja di luar kota saat menjelang lebaran adalah mudik atau pulang kampung. Beberapa orang mempunyai keluhan pusing atau mual saat mengendarai kendaraan dengan jarak menengah hingga jauh.

Apakah kamu salah satunya? Untuk menangkal mabuk darat saat mudik, berikut adalah 5 tips jitunya.

1. Persiapan Sebelum Mudik

Melakukan persiapan mudik dengan semaksimal mungkin adalah hal yang utama. Jangan lewatkan obat anti mabuk atau minyak pribadi yang dapat digunakan saat keadaan genting.

Selain itu, persiapan fisik juga sangat penting. Sebelum melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan umum pastikan tubuh dalam keadaan fit.

Bawa juga kantong plastik untuk berjaga-jaga jika nantinya memang harus mabuk kendaraan. Bukankah sedia payung sebelum hujan itu lebih baik?

2. Tidur Cukup dan Perut Terisi

Hindari begadang sebelum melakukan perjalanan, berikan cukup tidur pada diri sendiri. Selain tidak baik untuk kesehatan, begadang juga tidak baik untuk orang yang akan melakukan perjalanan jauh.

Bagi musafir akan mendapatkan keringanan dalam berpuasa. Anda bisa memilih untuk membatalkan puasa saat rasa lapar tak tertahankan yang mengarah ke rasa pusing.

Makan berat dengan rendah lemak atau makan ringan dapat dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Jangan lupa membawa perbekalan air minum yang cukup ya, karena berhentinya bus ada waktu dan tempat khusus.

Dikutip dari Nu.or.id, salah satu kelompok orang yang diberi keringanan boleh tidak berpuasa adalah orang yang sedang melakukan perjalanan atau lebih kaprah disebut musafir.

3. Pilih Tempat Duduk Yang Tepat

Ada pepatah mengatakan “prestasi di tentukan dari tempat duduk,” begitu pula bagi Anda yang ingin menghindari mabuk darat. Pilihlah tempat duduk yang paling Anda sukai selama ini.

Bagi beberapa orang menyarankan untuk memilih tempat duduk di tengah-tengah jauh dari roda kendaraan. Namun juga ada yang merasa kurang nyaman dengan tempat duduk tersebut dan memilih duduk di paling depan.

Kelebihan duduk di tengah jauh dari roda kendaraan adalah untuk menghindari getaran sehingga tubuh bisa lebih relaks dan tenang. Lain hal jika memilih duduk paling depan dekat dengan supir atau kenek bus. Bisa melihat langsung perjalanan bus sehingga pikiran akan fokus ke arah jalannya bus.

Jangan memilih tempat duduk paling belakang. Selain sering bikin limbung juga dekat dengan toilet yang kadang aromanya ikut mengganggu pernapasan.

Bagai mana pun, tidak ada aturan pasti untuk menentukan tempat duduk menghindari mabuk darat ini. Pilihlah tempat duduk senyaman mungkin untuk menghindari mabuk kendaraan saat mudik lebaran ini.

4. Gunakan Waktu Perjalanan dengan Istirahat

Bagi Anda yang mempunyai riwayat sering mabuk saat mengendarai kendaraan umum dengan jarak tempuh jauh, usahakan untuk menggunakan waktu perjalanan dengan istirahat.

Hindari untuk membaca buku atau terlalu sering mengoperasikan gawai. Alih-alih bikin tenang, aktifitas tersebut memicu pusing yang dapat berakibat mual.

Solusinya Anda dapat tidur selama dalam perjalanan. Namun sebelum tidur pastikan telah memberi tahu kenek bus tujuan akhir Anda. Jangan sampai bus lewat dari tujuan Anda saat masih tertidur.

5. Konsumsi Obat Anti Mabuk

Konsumsilah obat pribadi yang telah Anda siapkan pada poin pertama dari tips jitu ini. Anda juga bisa mengoleskan minyak kayu putih atau freshcare pada bagian kepala atau leher.

Sebelum menggunakan minyak pastikan penumpang di sebelah Anda tidak keberatan dengan aroma kayu putih atau freshcare yang digunakan.

Butuh perawat lansia, perawat anak dan perawat medis saat lebaran? Yuk pesan sekarang bebas biaya administrasi. Pesan Perawat Home care.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here